Senin, 09 Mei 2011

Mengenal Hardware Komputer

    komputer/komputer desktop atau personal komputer (pc) adalah sekumpulan hardware atau sering disebut perangkat keras sedangkan software atau perangkat lunak yang saling berhubungan dan bekerjasama yang dapt digunakan sebagai alat hitung, pengolah data danmemberika informasi.
    hardware atau perangkat keras komputer adalah perangkat komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Agar komputer bisa memberikan hasil yang optimal, maka kompuetr harus mempunyai hardware yang berfungsi sebagai masukan  (input), hardware yang berfungsi sebagai pemroses dan hardware yang berfungsi sebagai keluaran (output).

           1. Hardware utama 
    Dalam merakit sebuah komputer, minimal hardware yang dibutuhkan adalah sebagi berikut:
a. processor
    adalah otak dan pusat pengendalian komputer yang menjadi tenaga pelaksanaan dari seluruh eksekusi perintah ataupun program.
    processor senfiri mempunyai tiga bagian yang masing-masing mempunyai kegunaan. 
  1. aritmatics logical Unit (ALU) yang berfungsi sebagai pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem komputer
  2. Control Unit (CU) berfungsi untuk mengatur semua lalu lintas data maupun perhitungan yang dilakkan oleh processor
  3. Memorry Unit (MU) berfungsi sebagai unit pendukung, dimana perintah-perintah yang sering digunakan oleh processor akan disimpan sementara pada bagian ini.  
      Tentunya jika kita ingin membeli sebuah processot maka yang menjadi salh satu pertimbangan kita adalah kecepatan processor. 
      sebenarnya kecepatan processor adalah internal clock dari sebuah processor artinya kecepatan tersebut merupakan clock yang bekerja secara internal ketika processor melakukan eksekusi perintah-perintah.
      cara untuk menetukan kecepatan processor adalah dengan :

                                      Internal Clock = FSB x clock ratio
          Ket  :
               Internal clock    : Kecepatan processor
               FSB                    : Eksternal Clock
               Clock ratio         : multiplier atau faktor Pengali
FSB dari masing-masing processor tentu berbeda-beda tergantung dari jenis processor. 

b. Mainboard
     mainboard atau sering disebut Motherboard merupakan papan utama sebagai tempat komponen-komponen agar bisa saling berinteraksi. tempat meletakkan beberapa komponen-komponen seperti processor,Memory, cache, Video Card, sound Card, Land Card, dll.
         suatu Motherboard PC berisikan lusinan Chipset, Slot Expansi, dll
      1. Chipset
          berfungsi sebagi  interface antara trafik dan kontrol aliran informasi kedalam komputer. mengontrol infirmasi pengaksesan processor ke momorry, cache, mengalirkan data ke dan dari device (alat) lain.
              pada Motherboard chipset terbagi menjadi dua yaitu North Bridge berfungsi untuk mengatur jenis processor, mengatuir keceptan memorry, dan sejenisnya, menjamin suporrt AGP, dan Badwidth pada bus datanya sedangkan South Bridge berfungsi untuk mengatur keceptan transfer harddisk, dukungan peripheral interface USB, firewire, dukungan terhadap onboard souncard dan modem, dukungan integrated terhadap I/O dan hardware monitoring.

      2. Bios
          Basic Input Output System (BIOS) merupakan level program paling dasar, fungsinya untuk mengenali sistem device yang ada di motherboard serta operating system yang digunakan. bios berjalan saat komputer dijalkan, dan akan memeriksa system.

      3. Slot Ekspansi
          slot ekspansi digunakan untuk memasang card aksesories tambahan yang diperlukan sebagai perluasan pemakaian komputer yang dewasa ini makin dikembangkan. macam-macam slot ekspansi yang sering digunkan adalah SLOT ISA (Industri standar Architecture), biasanya digunakan oleh PC model lama. Tipe slot ini yaitu 8 bit, kecepatan transfer ratenya 0,625 MB/Sec. SLOT PCI (Peripheral Components interconnect), menggunakan 47 Pin dan kecepatan transfer datanya 264 Mb/sec. slot ini biasa digunakan untuk sound Card, Vga card, Lan Card, dll. Slot AGP (Adapter Graphic Peripheral), biasanya digunakan untuk VGA, kecepatan transfernya lebig tinggi dibandingkan dengan PCI. teknologi AGP (2x, 4x, 6x, 8x).

      4. Port I/O
          merupakn port atau tempat dipasangkan conector dari peralatan port I/O dibawah control processor. port yang ada adalah:
  • Port Parallel (LPT1 atau LPT2) yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan standard parallel port 200 Kb/detik, kabrl konector adalah 25 pin. Peralatan yang digunakan port ini adalah: Printer, Scanner, dll
  • port Serial (Com1 atau Com2) yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih rendah/kecil dibandingkan dengan port jenis parallel. kabel konnector untuk Com1 adalah 9 pin dan Untuk Com2 adalah 25 Pin. Peralatan yang mengunakan port ini adalah: Mouse, Modem, dll.
  • Port ECP / EPP adal;ah port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan tinggi yaitu 2.000 - 10.000 KB/detik 
  • Port AT/PS2 port ini umumnya digunakan untuk masukan dari mouse dan keyboard.
  • Port USB (Universal Serial Bus) merupakan port serial Universal bagi perlatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan USB port Yaitu : Camera Digital, Flask disk, dll.
  • Port VGA, merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor, Port VGA di dapatkan dari pemasangan VGa Card.
  • Port Audio, merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio, speaker. dll
  • Port HardDisk, biasanya digunakan oleh harddisk dan CDRom, port ini terdapat dua pada Motherboard yaitu sebagai master dan slave (IDE 1 dan IDE 2). biasanya IDE 1 digunakan oleh Harddisk.
  • Port FDD, Port ini digunakan Khusus untuk Floppy disk, port ini biasanya hanya terdapat  satu buah pada motherboard.
      5. Konektor pada Motherboard
          Fungsinya untuk menghubungkan peripheral yang lainnya dengan motherboard seperti konektor Power Motherboard ke power suplly, reset, LED HDD dan lainnya.
      6. konektor Power
          terdapat dua konektor power motherboard yaitu power 1 yang berjumlah 12 pin dan power 12 berjumlah 4 pin. motherboard zaman sekarang kebanyakan menggunakan power 1 dan power 12 yang berjumlah 4 pin digunakan untuk menambh supply tegangan ke processor.

      7. Konektor Indikoator dan Switch
          konektor ini biasanya digunakan untuk menghubungkan antara tombol power ke motherboard atau power on, reset, LED HDD, LED Power, Speaker.

      8. Cmos Ram
          Berfungsi untuk menyimpan semua konfirmasi dari perubahan pilihan-pilihan pada menu Bios, meskipun komputer dalam keadaan mati konfigurasi tetap tersimpan dan tidak berubah.

      9. Jumper FSB
          jumper ini untuk mngeset serta mengatur lajyu kecepatan processor, jumper ini letaknya tidak jauh dari socket processor.

c.   Memorry
    Berdasarkan letak memorry dibedakan menjadi dua yaitu Internal memorry dan eksternal Memorry. Memorry internal lebih dikenal dengan istilah ROM (Read Only Memorry) dan biasanya sudah terpasang dalam motherboard. sifat dari memorry ini adalah non Volatile (Media penyimpanan yang bersifat Permanent). contoh ROm adalah BIOs.
     Memorry Eksternal Lebih dikenal dengan istilah RAM, (Random Acces Memorry) sifat dari memorry ini adalah Volatile (Media Penyimpanan yang bersifat Sementara).
      ada beberapa tipe RAM diantaranya adalah DRAM (Dynamic Random Acces Memorry), EDO RAM (Extended Data Output Random Acces Memorry), SRAM (Static Random Acces Memorry), VRAM (Video Random Acces Memorry), dan RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memorry).
        Dari sekian tipe RAM, yang biasa kita kenal adalah SDR-SDRAM adalah memorry yang dapat mengakses lebih cepat dari EDORAM. Bentuk SDRAM adalah dual Inline Memorry Module (DIMM). Slot memorry pada mainboard pentium adalah 168 pin. Sedangkann DDR-SDRAM, adalah memorry yang dapat mengakses data lebih cepat dua kali dari SDRAM.

d.  Card (Kartu)
     Card adalah suati rangkaian elektronika yang berbentuk seperti papan dan digunakan sebagai penghubung dengan komponen lain. Contoh card adalah Vga Card, Sound Card, Internal Modem, TV Tuner Internal, dll.
     untuk mengnampilkan hasil pengolahan dari komputer ke monitor diperlukan sebuah grapic card.

e.  Media Penyimpanan
     berfungsi menyimpan data atau informasi dan mempunyai sifat penyimpanan data atau informasih secara permanent atau tetap. media penyimpoanan data yang paling banyak digunakan adalah  sebagai berikut.
  • FDD (Floppy Disk Drive) adalat alat untuk menulis dan membaca data yang kecil yang disimpan didisket, ukuran floppy yang digunakan untuk saat ini adalah 3 1/ Inchi. 
  • HDD (Harddisk Drive) adalah penyimpanan data yang bersifat eksternal yang dihubungkan dengan kabel penghubung dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar, konektor kabel HDD adalah 40 pin
  • Disk Drive adalah alat yang menggunakan teknologi laser dengan metode WORM, yang terbuat dari resin dan dilapisi permukaan yang reflektif seperti alumanium. informasih direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. proses ini dilakukan dengan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasih dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Contoh disk drive adalah CD-ROM dan DVD-ROM. 

f.  Chasing dan Power supply
    Chasing berfungsi untuk menempatkan peralatan atau komponen-komponen komputer seperti mainboard, VGA Card, Power Supply, Floppy Disk, Harddisk, CD-ROM, dsb
     Power Suplly berfungsi untuk menyalurkan listrik ke peralatan komputer yang ada didalam chasing. Power suplly memiliki 5 atau lebih konektor yang dapat disambungkan ke peralatan komputer, 2 konektor (1kabel untuk 2 kabel, 6 kabel untuk 1 konektor, P8 dan 6 kabel untuk 1 konektor P9) disebut jenis konektor AT atauy 20 kabel untuk 1 konektor disebut jenis konektor ATX dan yang lainnya untuk Floppy disk, harddisk, CD-ROM, dsb.

g.   Monitor
      Monitor merupakan kompunen output yang digunakan untuk menampilkan teks atau gambar ke layar sehingga dapat dinikmati oleh pemakai. Monitor juga sering disebut Video Display. Contoh jenis monitor antara lain CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liguid Cristal Display) dan Plasma Gas.

h.   Keyboard dan Mouse
      fungsi dar keyboard adalah untuk mengimputkan data ke komputer berupa teks, ada beberapa jenis keyboard antara lain PS2, USB dan Wireless.
        Mouse merupakan salah satu jenis komponent input yang berasal dari ketaran suatu benda. alat tersebut dihubungkan dengan komputer dan jika alat tersebut digerakkan maka akan memberikan sinyal tertentu pada komputer sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi yang diinginkan pemakai.

i.   Kabel
     Kabel digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen agar bisa berinteraksi. Kabel yang diperlukan adalah kabel pOwer  Suplly, kabel data yang digunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan harddisk, floppy disk maupun optical drive, dan kabel monitoring- CPU / Monitoring - listrik yang berfungsi agar monitor bisa menyala.


           2. Hardware Tambahan
a. Printer
     printer termasuk hardware keluaran. printer digunakan untuk mencetak data yang sudah diolah oleh komputer.
b. Speaker
     speaker termasuk hardware keluaran.
c. Joystic / Game Pad
d. Web Cam / Pc Cam
e. UPS
f. FlashDisk
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar