DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
A.
SEJARAH
INTERNET ...................................................................... 3
B.
PENGERTIAN
INTERNET ................................................................ 6
C.
SEARCH ENGINE
........................................................................... 7
D.
FASILITAS
YANG TERDAPAT DALAM INTERNET ......................... 11
E.
MANFAAT
DAN KELEMAHAN PENGGUNAAN INTERNET ............ 13
F.
PENGGUNAAN
TEKHNOLOGI INTERNET DI MASA DEPAN ......... 14
G.
APLIKASINYA
.................................................................................. 19
1.
Langka-Langka
Membuat Aplikasi ....................................... 19
2.
Langka-Langka
Membuat Email ....................................... 21
3.
Langka-Langka
Mengirim Email ....................................... 22
H.
PENUTUP ........................................................................................... 24
DAFTAR PUSTAKA .................................................................................. 25
A.
SEJARAH
INTERNET
Tahun 1957 awal dari internet melalui Advanced
Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat mengembangkan jaringan komunikasi
terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer.
Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat
dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik). jaringan komputer
dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata
nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi
lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui
jaringan komputer.
Penemuan ARPA pada packet switching pada tahun
1960 menjadi awal landasan terbentuknya internet. Packet switching adalah
pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing
paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan
jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi,
berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan
koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika
Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai
metode komunikasinya menggantikan circuit
Switching yang digunakan pada sambungan telepon
publik. pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset
tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama
lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan
dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah
besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar
pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control
Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah internet
yang dikenal luas sampai saat ini. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah
untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat
(US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar
dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah
bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi
terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4
situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa
Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di
tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua
universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET
kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu
"MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang
lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun
yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan
“at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke
luar Amerika Serikat.Komputer University College di London merupakan komputer
pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada
tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn
mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal
pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di
Universitas Sussex. pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena
paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet
Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan
antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada
tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka
jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung
membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia.
Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut
sebagai jaringan internet.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26
Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals
and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100
komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada
1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups
pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan
dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon
sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk jaringan
semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui
oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol
atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di
Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang
menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark
dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Jaringan ARPANET menjadi semakin
besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka
semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk.
Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling
berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali
lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah
jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners
Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu
komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program
inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh
menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah
terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee.
Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna
internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam
aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di
internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.
Tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer
dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan
suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah
internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangatbervariasi.
B.
PENGERTIAN
INTERNET
Internet (kependekan dari
interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan
komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite
(TCP/IP). Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang
berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran
paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini
dinamakan internetworking. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna
komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.
Intranet adalah sebuah jaringan privat (private
network) yang menggunakan protokol-protokol Internet
(TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam
perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya
merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.
Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa
komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP,
alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan
beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan
komponen protokol yang sering digunaka
C.
SEARCH
ENGINE
Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah
sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan
dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List,
atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu
batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi
yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian
sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).
Search Engine Google sendiri muncul di akhir
tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Search Engine yang sudah lebih
dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Search
Engine Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya
sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun
diperhitungkan dan dipandang sebagai Search Engine yang utama sampai sekarang
ini.
cara kerja dari Search Engine yang mampu
menampilkan berbagai data informasi yang akurat sesuai dengan kata kunci yang
kita berikan? Search Engine Google memiliki software yang bernama Web Crawlers
atau disebut juga Googlebot. Cara kerja Software ini, yaitu mengambil
halaman-halaman website secara otomatis dengan mengikuti setiap link bersifat
Dofollow. Kemudian setiap halaman tersebut akan dianalisa untuk dapat
menentukan cara indeks, seperti pembacaan teks pada judul, subjudul, dan bagian
khusus yang disebut Meta Tag. Data tersebut kemudian akan disimpan ke dalam
Server yang nantinya dapat digunakan untuk pencaharian data yang diinginkan.
Data yang tersimpan dapat berupa halaman suatu website, dari teks, gambar,
video dan informasi lainnya. Namun tidak semua halaman suatu website dapat
ditemukan, dikarenakan adanya peraturan webmaster yang dapat membuat halaman
website untuk dipublikasikan atau hanya untuk private website atau blog. Anda
juga dapat melihat video dibawah ini mengenai bagaimana cara kerja search
engine sebenarnya dalam memberikan hasil pencarian yang sempurna bagi kebutuhan
anda. Berikut video dari Google "How Search Works" yang dibawakan
oleh Matt Cutts yang berada di dalam Channel Google. Di dalam channel tersebut
anda dapat melihat perkembangan dari berbagai update dan project terbaru
Google. Semoga video dibawah ini dapat membuat anda menjadi lebih paham akan
kerja dari Search Engine terutama Google.
Berikut
merupakan contoh – contoh search engine
1. Google
Merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat
yang fokus pada jasa dan produk Internet. Search engine ini didirikan oleh
Larry Page alumnus Universitas Michigan dan Sergey Brin. Google berasal dari
kata Gogol yang mempunyai arti kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang
sangat besar jumlahnya melebihi bilangan miliar atau triliun.
Google adalah search engine yang paling populer
dan banyak digunakan di dunia maya untuk mencari informasi yang diinginkan,
dapat berupa pencarian alamat website, gambar, file, atau mengetahui situs –
situs dan topik – topik yang paling populer yang dikunjungi orang melalui
google trends.
Dengan adanya Google maka semua masalah yang
membutuhkan waktu yang cepat ketika harus mencari file atau data di internet
dapat diselesaikan dalam hanya hitungan detik saja. Hanya dengan mengetikan
kata kunci yang akan kita cari, maka secara otomatis google akan memberikan
jawaban yang diberikan melebihi dari yang kita inginkan.
2. Yahoo
Merupakan perusahaan multinasional yang
berpusat di Sunnyvale,California, Amerika Serikat. Yahoo!Inc. didirkan oleh
Jery Yang dan David Filo. Yahoo merupakan singkatan dari “yet another
hierarchical officious oracle”.
Yahoo Search engine menyediakan fasilitas email
gratis, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian berbagai macam
katagori seperti contohnya website, gambar, berita, video, dan audio. Search
engine ini selalu menampilkan kata – kata yang mirip dengan kata – kata kunci
yang sedang dicari.
3. Bing
Search Engine ini merupakan produk dari
Microsoft melalui CEO Microsoft “Steve Ballmer”.Bing adalah bentuk reinkarnasi
yang dilakukan oleh Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya
terdahulu diantaranya Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Bing memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang kuat karena menggunakan teknologi PowerSet. Selain itu
dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian
melalui Windows Skydrive, Facebook dan e-mail.
4. Altavista
Altvasita
adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo yang terbentuk atas ide
dariLouis Monier dan Michael Burrows di Digital Equipment Corporation ‘s
Western Research Laboratory. Pada search engine ini pengguna dapat mencari
berbagai macam informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi
dan berita. Altavista juga menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerekBabel
Fish, yang secara otomatis menterjemahkan tek antara beberapa bahasa.
FUNGSI SEARCH ENGINE:
Fungsi dan manfaat search engine search engine
mempunyai bebrapa fungsi dan manfaat yang berguna bagi kita yang suka browsing
anta lain adalah:
1.
mesin pencari merupakan tempat kebanyakan orang
mencari sesuatu via internet. Menurut survei hampir 90% pengguna internet
memakai mesin pencari untuk mencari lokasi tertentu di internet. dan di antara
mesin pencari yang ada, google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan.
- Sebagian besar pengguna mesin pencari tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari.
- Sebuah informasi yang mudah di akses oleh semua orang baik dalam maupun luar negeri.
- Memudahkan Masyarakat dalam mencari informasi di internet.
MANFAAT SEARCH ENGINE:
Manfaat Search Engine Banyak dari kita sering
memakai Search Engine, lalu apa manfaat dari Search Engine? Pastinya manfaat
dari Search Engine adalah mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang
diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci
yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Search Engine" maka akan
langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai
kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat. Dari berbagai sektor Search Engine
sebenarnya telah memberikan banyak manfaat seperti dilihat dari sudut pemilik
web blog.
Dimana setiap web blog yang memberikan
informasi yang relevan dan lengkap, maka dapat dipastikan secara tidak langsung
halaman informasi web blog anda akan naik ke halaman pertama pencarian.
Selanjutnya pengunjung akan terus berdatangan dan membuat web blog anda akan
kebanjiran pengunjung.
D.
FASILITAS
YANG TERDAPAT DALAM INTERNET
Internet
yang sering disebut dengan jagad raya informasi menyajikan sekian banyak fasilitas
yang dapat dinikmati oleh pengguna internet. Berikut ini beberapa fasilitas
yang dapat dinikmati oleh pengguna internet, antara lain :
1. WWW
World
Wide Web atau yang sering disingkat dengan WWW merupakan sebuah sistem yang
terdapat pada internet dan bertugas melakukan pencarian sekaligus pemberian
informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
Untuk
membuat hypertext, diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yang disebut Hyper
Text Markup Language (HTML). HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file dalam
sebuah dokumen yang biasanya ber-extention *.htm atau *.html.
Untuk
mengirimkan file tersebut, diperlukan peran dari protokol pengiriman data yang
spesifik yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Selain itu, untuk menemukan
setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator (URL).
2. Email
Email
merupakan surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima antar
pengguna komputer. Email memungkinkan seorang individu mengirimkan pesan ke
individu lainnya dengan waktu yang cepat, bahkan dalam hitungan detik.
Saat ini
perkembangan email sangatlah pesat, email tidak hanya berisi teks saja. Kita
bisa melampirkan file multimedia seperti gambar, foto, video bahkan animasi.
3. Mailing
List
Mailing
List atau yang sering disebut dengan milis merupakan salah satu discussion
group yang terdapat pada internet. Untuk menjadi anggota sebuah milis, kita
terlebih dahulu mengirimkan email ke subsription address dan menunggu
persetujuan dari moderator milis tersebut. Biasanya, anggota dari milis saling
bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya.
4. BBS
Bulletin
Board System atau yang biasa disingkat BBS merupakan suatu pusat layanan
informasi yang menyediakan berbagai macam informasi dari berbagai bidang
tertentu seperti bidang pendidikan, bisnis, sosial, teknologi dan lain-lain.
Dengan
menggunakan fasilitas ini, pengguna dapat bertukar pikiran dengan pengguna
lainnya pada topik tertentu. Biasanya, pengguna yang mengakses BBS dapat
mengunggah maupun mengunduh berita dari pengguna lain dengan mudah.
5. Chatting
Chatting
merupakan percakapan antara dua atau lebih pengguna komputer secara realtime
dengan memanfaatkan jaringan internet. Bagi pengguna komputer yang telah
melengkapi perangkat komputernya dengan webcam, maka mereka dapat chatting dengan
melihat wajah pengguna lain yang di ajak chatting tersebut.
6. Newsgroup
Sama
halnya dengan milis, newsgroup juga merupakan salah satu discussion group yang
ada di internet. Untuk mengakses suatu newsgrup, diperlukan jaringan komputer
khusus yang biasa disebut UseNet.
Umumnya,
setiap newsgroup di atur berdasarkan satu topik umum yang kemudian dibagi
menjadi beberapa sub topik dibawahnya.
7. FTP
FTP atau
File Transfer Protocol merupakan layanan internet untuk melakukan transfer file
antara pengguna komputer dengan suatu server di internet. Jadi, kita bisa
melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara
komputer kita dengan komputer lain yang terhubung pada jaringan internet.
FTP
umumnya dimanfaatkan sebagai wahana pendukung yang sangat diperlukan untuk
pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet.
8. Gopher
Gopher
merupakan protokol layer aplikasi TCP/ IP yang dirancang khusus untuk keperluan
distribusi, pencarian, maupun pengambilan dokumen melalui jaringan internet.
E.
MANFAAT
DAN KELEMAHAN PENGGUNAAN INTERNET
1. Adapun
kelebihan penggunaan internet:
·
Membantu dalam produktifitas kerja
·
Waktu lebih efisien
·
Dapat berkomunikasi
·
Dapat mempublikasi web
·
Menghemat Biaya
·
Menambah relasi kerjasama
2. Selain
kelebihan pada internet, internet juga mempunyai kelemahan, yaitu:
·
Kurang Efektif
·
Lodingnya sering lama atau kurang terkontrol
·
Tidak menggunakan etika dalam penggunaan
internet
·
Terkadang sering kita jumpai informasi yang
salah
·
Banyak situs yang tak pantas dilihat oleh anak
dibawah umur
F.
PENGGUNAAN
TEKHNOLOGI INTERNET DI MASA DEPAN
Kemajuan
teknologi informasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan internet pada
hakikatnya telah memunculkan dua hal yang kontras. Ibarat pedang bermata dua,
di satu sisi, internet berperan signifikan bagi perkembangan masyarakat, baik
secara ekonomis maupun sosiologis. Di sisi lain, internet juga telah memicu
maraknya pornografi, pelanggaran hak cipta, dan berbagai transaksi ilegal
berbasis internet lainnya.
Namun
harus diakui, internet juga telah mendorong akselerasi perekonomian di berbagai
belahan dunia. Ini dimungkinkan karena secara fungsional (lewat program e-government,
e-procurement, e-commerce, dan berbagai aplikasinya), internet
dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan perekonomian dan
pemerintahan.
Internet
memang merupakan kemajuan peradaban manusia yang fenomenal. Dengan internet,
aktivitas manusia sekarang sudah tidak bisa dibatasi dengan ruang dan waktu.
Segala bentuk informasi yang disampaikan lewat internet dapat diakses di
mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Lebih dari itu, teknologi internet
juga terbebas dari berbagai birokrasi atau pembatas.
Tak
pelak lagi, dengan keunggulan seperti itu internet pun akhirnya menjelma
menjadi media yang sangat efektif dalam menunjang pembentukan sebuah komunitas.
Dengan kata lain, perkembangan internet lambat laun bukan lagi sekadar tren,
melainkan telah berubah menjadi suatu kebutuhan.
Sebuah
studi dari Pew Internet & American Life Project juga memperkirakan bahwa
kemajuan teknologi informasi (internet) akan berdampak signifikan terhadap
perubahan sosial, politik dan ekonomi di masa mendatang. Temuan ini merupakan
hasil riset terhadap 742 responden melalui internet, yang melibatkan berbagai
praktisi internet, pengamat, konsultan, lembaga pusat informasi serta jurnalis
yang sudah terkenal. Di antara mereka ada Yahoo, France Telecom, International
Telecommunication Union (ITU), Qualcomm, Harvard University, CNN, Adobe
Systems, Forrester Research, dan Singapore Internet Research.
Pandangan
mereka tentang dampak internet terhadap kehidupan sosial, politik dan ekonomi
di tahun 2020 nanti memang beragam. Namun, umumnya mereka setuju bahwa
teknologi itu akan berkembang. Pandangan mereka mengenai kemajuan teknologi ini
merupakan jawaban dari tujuh skenario yang disusun Pew Internet & American
Life Project tentang dampak perkembangan internet di masa mendatang.
Perkembangan jaringan global
Mayoritas
responden setuju dengan skenario yang menyatakan bahwa jaringan global berbiaya
rendah akan berkembang di tahun 2020 serta mudah didapat oleh sebagian besar
masyarakat dunia. Mereka pun setuju bahwa penggelaran teknologi tersebut
membuka peluang untuk keberhasilan banyak orang dalam berkompetisi secara
global.
Namun
minoritas responden mengatakan tidak yakin akan adanya iklim kebijakan yang
mendukung berkembangnya internet. Menurut mereka, pusat kekuasaan bakal menjaga
kepentingan-kepentingan mereka saat ini dengan menelurkan kebijakan yang
mengendalikan informasi dan komunikasi.
Kendali
manusia dengan teknologi
Kebanyakan
responden mengatakan bahwa manusia akan tetap mengendalikan teknologi baik
sekarang maupun di tahun 2020 nanti. Kendati demikian, ada kekhawatiran
terhadap kemajuan teknologi yang pada akhirnya akan menciptakan mesin dan
proses yang melebihi kendali manusia. Yang lainnya mengatakan, mereka khawatir
bahwa kemajuan teknologi akan disalahgunakan.
Keterbukaan vs privasi
Ada
harapan yang berkembang luas bahwa orang secara sadar atau tidak sadar ingin
lebih terbuka tentang dirinya. Dengan cara itu mereka akan mendapatkan banyak
manfaat walaupun secara privasi mereka akan banyak kehilangan. Dalam pandangan
mengenai apakah dunia akan lebih baik dengan adanya keterbukaan dari individu
atau lembaga, responden terbelah menjadi dua. Tercatat 46% dari mereka setuju
adanya manfaat lebih banyak dengan melakukan transparansi, baik dari individu
maupun lembaga. Sebaliknya, 49% dari mereka ini tidak setuju dengan pandangan
tersebut.
Pihak-pihak yang kontra terhadap teknologi
Sebagian
besar responden setuju bahwa masih ada orang yang belum terhubungkan dengan
internet karena keterbatasan ekonomi; serta orang yang melakukan kontra
terhadap kemajuan teknologi yang akan muncul di tahun 2020. Mereka ini akan
membentuk komunitas sendiri yang terpisah dari masyarakat modern, dan mereka
akan melakukan aksi sebagai protes terhadap teknologi.
Di lain
pihak, banyak responden yang tidak setuju bahwa kekerasan lebih banyak muncul
karena konflik agama, ekonomi atau politik.
Memaksakan atau “bergantung” pada dunia virtual
Banyak
responden setuju bahwa negara yang masyarakatnya terhubungkan dengan internet
akan menyediakan waktu lebih untuk membentuk dunia yang terhubungkan dengan
jaringan. Hal ini akan menumbuhkan produktivitas dan menciptakan banyak
manfaat. Namun, bagi beberapa pihak, hal itu akan menimbulkan ketergantungan.
Ternyata, pandangan seperti itu cocok bagi sebagian responden. Akan tetapi,
responden lainnya menilai pandangan itu kurang cocok.
Inggris menjadi bahasa online
Banyak
responden mengatakan bahwa mereka menerima pandangan yang menyatakan kelak
bahasa Inggris menjadi bahasa dunia untuk berkomunikasi secara online.
Meski demikian, bahasa Inggris tidak akan menggantikan bahasa lain dalam
aktivitas seharian.
Di sisi
lain, sebagian besar responden menekankan bahwa keragaman bahasa adalah hal
yang baik. Mereka juga melihat internet akan memberi kesempatan untuk
berkembangnya bahasa sesuai dengan kulturnya. Sementara, responden lainnya
mengatakan bahwa bahasa akan berkembang seiring berjalannya waktu. Begitu pun
dengan perkembangan internet yang didukung dengan perubahan jaman.
Prioritas pengembangan
Di masa
datang, membangun kapasitas jaringan dan menyalurkan pengetahuan tentang
teknologi untuk membantu mereka yang belum memakai jaringan adalah dua hal yang
menjadi prioritas mereka. Hal ini dikemukakan oleh 78% responden tentang
prioritas mereka dalam pengembangan dana dan waktu di masa depan dalam
kaitannya dengan jaringan internet.
Dalam
buku tersebut, kedua “global thinker” itu berkolaborasi memaparkan visi-visi
mereka tentang masa depan. Dalam satu kalimat, dunia masa depan menurut mereka adalah sebuah
dunia di mana orang-orang saling terhubung—dunia yang penuh
dengan tantangan dan membuka banyak kesempatan bagi setiap orang.
Schmidt
dan Cohen menggabungkan pengetahuan dan pengalaman mereka untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pelik tentang masa depan.
Contohnya,
kekuatan siapakah yang lebih besar di masa mendatang—sebuah negara atau
warganya? Akankah teknologi mempermudah atau mempersulit teroris dalam
melakukan aksinya? Ketika orang-orang telah terhubung melalui internet,
perubahan apakah yang akan terjadi dalam perang, diplomasi, dan revolusi di
masa depan? Lalu, bagaimana teknologi dapat membantu membangun masyarakat?
Perkembangan
teknologi kembali membawa kemungkinan menakjubkan. Sebuah teknologi bernama
‘Grid’ diklaim 10.000 kali lebih cepat daripada koneksi broadband
internet yang ada sekarang. ‘Grid’ pun digadang-gadang akan menggantikan
internet di masa depan.
‘Grid’
disebut mampu mengunduh video film hanya dalam hitungan detik. Memang sulit
dipercaya, namun ‘Grid’ ini dibesut oleh CERN, pusat penelitian ilmiah
terkemuka Eropa yang dulu juga berjasa amat besar dalam mengembangkan World
Wide Web.
Teknologi
‘Grid’ juga diklaim mampu mengirimkan gambar kualitas sangat tajam dengan
cepat, game online secara bersamaan dengan jutaan pemain serta video telepon
dengan ongkos murah.
David
Britton, profesor di Glasgow University yang memimpin penelitian menyatakan,
‘Grid’ bisa mengubah kehidupan masyarakat. Dengan kekuatan teknologinya,
generasi masa depan akan berkomunikasi dengan cara yang tak terbayangkan oleh
generasi masa kini.
Untuk
awalnya, kecanggihan teknologi itu akan dipertunjukkan tak lama lagi dalam
menginvestigasi terjadinya alam semesta. Adapun jaringan awal terdapat di
berbagai negara termasuk Inggris, Amerika dan Kanada, yang terhubung dengan
laboratorium CERN.
Sampai
saat ini menurut CERN, sebanyak 55.000 server telah dimanfaatkan dalam
pengembangan ‘Grid’, dengan perangkat fiber optik dan routing tercanggih. Kita
tunggu saja apakah benar ‘Grid’ nantinya memang akan merevolusi pemakaian
internet.
G.
APLIKASI
1. LANGKA-LANGKA MEMBUAT APLIKASI
Program memang sudah menjadi kebutuhan
pokok bagi masyarakat IT. karena segala sesuatu yang dilakukan di dalam
IT pastilah memerlukan program. Program yang paling sederhana sekalipun
setidaknya memiliki 3 bagian:
1. Input –
Masukan data.
2. Proses –
pemrosesan input.
3. Output –
keluaran program, kebutuhan yang kita harapkan.
Dalam membuat program, pemrograman adalah pokok
dari proses pembuatan program itu sendiri namun pemrograman bergantung dari
pemahaman persoalan, analisis sistem, perencanaan-perencanaan dalam
mendesain program itu sendiri.
Selain pemrograman hal yang utama harus
dilakukan adalah merencanakan langkah-langkah yang harus diambil dalam
menyelesaikan masalah. Karena dengan mengetahui masalah dan langkah-langkah
penyelesaikan berarti kita sudah menyelesaikan program tersebut sebanyak 50%
dari total pekerjaan, selanjutnya adalah teknis pembuatan itu sendiri yang di
kenal dengan pemrograman/koding.Sebaliknya jika kita tidak bisa mengetahui
masalah dan belum bisa membuat perencanaan berarti kita sudah merencanakan
kegalan itu sendiri.
Tahap-tahap pembuatan program secara teori
dasar :
1.
Defining the problem ( definisi masalah
)
Masalah disini yaitu masalah yang akan di
analisis dan selanjutnya di pecahkan melalui program atau aplikasi melihat dari
sundut pandang kebutuhan.
2.
Planning and Design System ( perencanaan dan
desain system )
Pada tahapan ini sangat diperlukan, karena
tanpa tahapan planning pekerjaan yang dilakukan akan sia-sia tentunya dan
memakan waktu yang lama. dengan planning system akan jelas serta tampilan
aplikasi yang dibuat juga terarah. biasanya perancangan system dilakukan oleh
system analyst yang selanjutnya di kerjakan oleh seorang programmer.Design
System ini biasanya menggunakan Flowchart System atau symbol alur program dan
sebagainya.
3.
Implementasi
Pada tahap ini programmer tentunya
mengimplementasikan rancangan ke dalam bentuk struktur coding atau sering di
sebut code a programmer languange. Bahasa program tentu banyak
tergantung pemakaian.
4.
Documentation ( dokumentasi )
Setelah tahap implementasi dilakukan dan
program sudah mencakup 80 % selanjutnya buat lah dokumentasi atau
komentar-komentar pada cuplikan program, tujuannya adalah jika terjadi debug
atau problem kita dapat mengoreksinya dengan mudah dan sebaliknya orang dapat
mengoreksi program yang kita buat.
5.
Testing
Tahap testing juga tidak luput dari pembahasan
seperti yang di kutip dari blog sebelah yaitu tahap :
·
Unit Testing
Menguji
setiap unit dan modul yang terdapat dalam program tersebut
·
Integration Testing
Menguji
integrasi yang dilakukan kepada program seperti halnya ketika program tersebut
sudah diinstall di client kita yang membutuhkan integrasi dengan sisitem yang
lain seperti halnya integrasi dengan database.
·
Validation Testing
menguji
masukan yang diberikan kepada program. apapun masukannya program harus bisa
menyelesaikan dengan baik.
·
Sistem Testing
Pada
tahap ini menguji permorfa dari program, apabila program dijalankan dengan
kondisi-kondisi tertentu bagaimana?
6.
Maintenance
Program tanpa maintenance tentu tidak update
dalam masalah bug error report yang dikeluhkan oleh pemakaian. Agar
aplikasi dapat di kembangkan kembali beberapa tahun kemudian atau open source
serta ada juga close source yang tidak bisa di kembangkan oleh pihak lain
biasanya ditentukan oleh lisensi sebuah program hanya untuk pemakaian saja.
2. LANGKA-LANGKA MEMBUAT EMAIL
Cara
Membuat Email Baru di Gmail
Google mail atau yang sering disingkat dengan
Gmail merupakan layanan email berbasis web.
Layanan email besutan google ini banyak
digemari oleh pengguna internet karena beberapa kelebihannya, salah satunya
adalah layanan email ini disediakan google secara gratis.
2. Anda
akan melihat halaman utama Gmail seperti berikut. Silahkan klik tombol Create an
account untuk beralih ke form pendaftaran.
·
Name: Isi dengan nama lengkap anda.
·
Choose your username: Isi
dengan nama pengguna anda. Nama pengguna inilah yang nantinya menjadi alamat
email anda.
·
Create a password:
Masukkan kata sandi untuk email baru anda.
·
Confirm your password:
Masukkan kembali kata sandi anda.
·
Birthday: Isi dengan tanggal lahir anda.
·
Gender: Pilih jenis kelamin anda.
·
Mobile phone: Masukkan nomor HP anda. Pastikan anda
memasukkan nomor HP yang aktif, karena nantinya pihak Google akan mengirimkan
kode untuk verifikasi akun anda
·
Your current email address:
Masukkan alamat email anda saat ini (opsional), jika tidak punya biarkan
kosong.
3. Selanjutnya, masukkan kode captcha untuk
memastikan bahwa anda bukan robot. Setelah itu, pada kolom Lokasi,
pilih negara dimana anda tinggal sekarang.
4. Jangan lupa centang I agree to the google terms of service and
privacy policy. Kemudian klik tombol Next
Step.
5. Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun.
Cek juga nomor HP yang sudah anda masukkan tadi, sudah betul atau tidak.
Kemudian pilih Continue.
6. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan
google kepada anda. Kemudian pilih Continue untuk melanjutkan.
Jika dalam waktu 15 menit lebih kode verifikasi belum dikirimkan juga, silakan
klik link yang bertulisan try again agar pihak Google
mengirimkan kembali kode verifikasi anda.
7. Jika anda ingin membuat profil Google+
sekalian, silakan pilih Create your profil. Jika
tidak, silakan pilih No thanks.
8. Anda akan dihadapkan pada halaman berikut.
Silakan pilih Continue to Gmail untuk beralih
ke halaman utama Gmail anda.
3. LANGKA-LANGKA MENGIRIM EMAIL
Inilah
Dia Langkah-Langkah Mengirim Email Menggunakan Gmail
1.
Pertama, buka browser internet dikomputer
kemudian tunggu sementara halaman browser membuka halamannya.
2.
Kemudian silahkan buka halaman sign in gmail.
Untuk dapat sign in, berikut ini link yang bisa anda
kunjungi ‘https://accounts.google.com’.
3.
Selanjutnya dihalaman yang muncul, silahkan
sign in dengan memasukan alamat email beserta password gmail milik anda.
4.
Untuk dapat mengirim email, silakan klik tombol
Compose yang terdapat dibagian pojok kiri atas halaman email.
5.
Dengan begitu akan muncul halaman menulis
email, silahkan masukan alamat email yang dituju pada kolom “To”. Kemudian
berikan judul pada kolom Subject.
6.
Dikolom bagian bawah Subject anda bisa mulai
menuliskan pesan yang ingin anda sampaikan.
7.
Jika sudah selesai, tekan tombol Kirim, agar
pesan bisa disampaikan pada alamat yang dituju.
PENUTUP
A. KESIMPULAN :
Sejarah internet adalah suatu jaringan yanag harus di kembangkan Sebagai
warga negara kita perlu mempelajari mengenai sejarah internet
ialah sistem global dari seluruh jaringan
komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Nilai adalah sesuatu yang baik yang selalu
diinginkan, dicita-citakan dan dianggap pentong oleh seluruh manusia sebagai
anggota masyarakat. Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan
kualitas, dan berguna bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu
berharga atau berguna bagi kehidupan manusia.
B. SARAN :
Sebagai sejarah internet yang
menjadi satuan terbesar dalam suatu negara kelompok manusia harus memiliki
kesadaran diri terhdap realita yang berkembang ditengah masyarakat sehingga
dapat menghindari masalah
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar